Wednesday, May 18, 2016

Membuat paspor baru di ULP Margorejo Surabaya

Assalamualaikum..

Apa kabarnya? semoga nggak bosen ya baca postingan saya #emangadayangbaca #gakpapadeh #menyenangkandirisendiri #eh :p

Di postingan kali ini saya mau sharing pengalaman membuat paspor baru di ULP (Unit Layanan Paspor) Margorejo yang terletak di Maspion Square atau yang biasa saya dan temen-temen sebut "Giant Margorejo".
Yeaaay akhirnya saya punya paspor. Setelah lama maju mundur karena emang belum ngerti cara bikinnya gimana, takut ribet lah, bingung berkas apa aja yang dibawa lah, dan terutama males ijin dari kantor karena denger-denger buat ngurus paspor itu seenggaknya kita butuh 2x ijin karena bisa menghabiskan waktu seharian. Duuuhhh maaak rempong bener..

Oke, saya cerita dari awal yaa..
Berawal dari kepengenan buat segera punya paspor (nggak tau juga siih ini mau kemana, yang penting punya dulu deh hehe), saya mulai cari info banyak-banyak, dari yang tanya temen sampe gugling.
Based on info dari temen, saya dapet gambaran ni kalau bikin paspor itu pertama kita harus ngisi formulir secara online plus nentuin tanggal berapa kita bisa wawancara, foto, dan sidik jari, terus bayar di bank BNI. Baru setelah itu wawancara, foto, dan sidik jari sesuai jadwal, dan terakhir tunggu beberapa hari paspor jadi deh.




Setelah saya coba buka2 web imigrasi, kok malah saya ribet ya ngisi data onlennya, haduuuh. Akhirnya niat bikin paspor pun pupus. Selain males mikir buat ngisi data onlen, berkas-berkas yang dibutuhkan belum dicek kelengkapannya, dan terutama belum dapet ijin dari kantor juga karena kerjaan lagi banyak-banyaknya.

Setelah lama berselang, niat buat bikin paspor muncul lagi. Gugling sana sini, saya nemu salah satu blog yang bercerita tentang perpanjangan paspor di ULP Maspion Square Surabaya. Ternyata nggak seribet yang saya bayangkan dan pengisian form dilakukan di tempat. Wah kayanya oke niih.. Apalagi setelah tanya suami, kalo pake agen bisa habis sekitar Rp 600.000,- untuk paspor biasa. Setelah menimbang bahwa daftar lewat agen juga butuh kehadiran saya untuk foto dan wawancara, akhirnya saya putuskan untuk membuat paspor sendiri di Maspion Square. Kebetulan juga pas ada libur lumayan panjang dari kantor. Wah kesempatan niii..

Sekedar intermezzo, ULP Margorejo ini merupakan inovasi pelayanan paspor yang pertama kali ada di Indonesia, dimana lokasinya adalah di pusat perbelanjaan. Sementara itu, untuk layanan yang diberikan adalah layanan OOS (One Stop Service), yang artinya pelayanan akan diberikan dari awal sampai selesai dalam waktu sehari. Namun harap diingat ya layanan OOS beda dengan ODS (One Day Service) karena proses pembuatan paspor sendiri membutuhkan waktu kurang lebih 4 hari dari tanggal kita melakukan pembayaran.

Ada cerita lucu ketika saya membuat paspor ini dan semoga tidak kalian tiru yaaa, hehee. Ini warning buat saya yang suka baca info hanya sekilas lalu.
Pertama, saya dengan semangat 45 datang ke ULP Maspion Square jam 06.30 WIB dengan pakai baju seadanya dan tanpa membawa berkas. Harapannya sih saya bisa dapet no. antrian awal. Setelah dapat, sambil menunggu Maspion Square buka kan saya bisa antar anak ke day care dulu. Based on info dari blog, jam buka ULP Maspion Square = jam buka mall. Oke sip beres..
Ternyata oh ternyata ULP Maspion Square sudah buka mulai jam 07.00 WIB, alhasil kedatangan saya pagi-pagi itu jadi sia-sia karena ketika saya datang lagi sekitar pukul 07.30 WIB, antrian nama sudah tidak dipakai dan kita harus antri lagi dari awal. Untungnya waktu itu saya masih masuk antrian 60 dari batas kuota imigrasi 90 orang/hari.
Alhamdulillaah masih masuk antrian ke-60 dari 90 kuota prepare
Ada sofa empuk sembari menunggu antrian :)

Cerita lucu kedua, saya ada sedikit miskomunikasi dengan petugas. Waktu itu saya tanya, setelah bayar di BNI apa perlu saya balik lagi untuk ngasihkan bukti pembayaran? nah beliau jawab iya. Saya kira setelah saya bayar, saya harus balik  lagi ke ULP untuk menyerahkan bukti bayar, baru pembuatan paspor bisa diproses. Setelah capek-capek berpanas-panasan bolak balik BNI - ULP, saya baru tau kalau ternyata begitu kita bayar di BNI, maka sistem akan langsung memproses tanpa kita harus konfirmasi lagi ke ULP. Oh lalaaaa.. so easy right?

Tak perlu berlama-lama lagi, yuuk check it out below for further information :

Dokumen yang dibutuhkan
1. KTP (asli dan fotokopi)
2. Kartu Keluarga (asli dan fotokopi)
3. Ijasah/Akta lahir/Buku nikah (asli dan fotokopi)


Note : 

  1. pastikan nama dalam semua berkas itu sama yaa, karena petugas tidak akan menerima berkas dengan penulisan nama yang berbeda.
  2. Jangan lupa semua berkas difotokopi pada kertas A4, untuk KTP tidak diperbesar tidak apa-apa. 
ALUR PEMBUATAN PASPOR :
  1. Sebaiknya pukul 06.30 WIB kita harus sudah datang ke ULP Maspion Square untuk daftar antrian dengan cara menulis nama kita di kertas yang ditempel di pintu, jangan lupa berkas langsung dibawa dan berpakaian rapi.
  2. Pukul 07.00 WIB, pintu ULP akan dibuka oleh petugas dan petugas akan memanggil nama sesuai antrian untuk mendapatkan form dan surat pernyataan yang wajib kita isi, sebelumnya petugas akan memeriksa kelengkapan dokumen kita.
  3. Jangan lupa membawa 1 materai Rp 6.000,-, kalaupun lupa jangan risau karena di depan ULP ada mas-mas yang menjual materai.
  4. Isi formulir dan surat pernyataan. Sekedar tips untuk tujuan pembuatan paspor sendiri lebih baik diisi ke negara-negara terdekat yang bisa dijangkau tanpa visa, misalnya ke Singapura untuk wisata pada liburan bulan Juli.
  5. Tunggu giliran dipanggil untuk foto dan wawancara.  
  6. Begitu dipanggil, petugas akan memeriksa terlebih dahulu form yang kita isi dengan berkas-berkas yang dibutuhkan. Disini, petugas akan bertanya tujuan kita membuat paspor apa. Karena saya jawabnya seperti yang saya jelaskan diatas, petugas nggak nanya-nanya lagi. Begitu berkas lengkap saya langsung diminta duduk di kursi yang telah disediakan untuk foto.
  7. Selesai foto, kita akan diberikan kertas (maaf lupa saya foto) yang kita gunakan untuk membayar biaya pembuatan paspor melalui Bank BNI. Saya kurang tahu apakah pembayaran bisa dilakukan di ATM apa tidak, karena kebetulan waktu itu saya sendiri bayarnya di bank BNI Graha Pangeran.
    Caranya gampang kok, tinggal bilang ke Satpam kalau kita mau bayar paspor, nanti akan diarahkan untuk ambil no. antrian teller. Nah ketika di teller, kita tinggal bilang aja mau bayar paspor. Teller akan minta kertas yang dibawakan dari imigrasi beserta uang tunai. Setelah itu, teller akan memproses dan kita akan diberikan bukti pembayaran yang akan kita gunakan untuk mengambil paspor ^^
  8. Setelah bayar, nggak usah bolak-balik lagi ke kantor imigrasi. Kita tunggu aja dengan tenang di rumah. Kalau ingin tau apakah paspor kita sudah jadi apa belum bisa cek disini.
    Klik Status Permohonan Personal
    Ketik No. Permohonan kemudian enter


    Begitu status "Jadi" artinya paspor sudah bisa diambil. Pengambilan paspor dilakukan di loket yang terletak di dalam Mall (belakang ATM centre), dengan jadwal sebagai berikut :
Senin s/d Kamis : 09.30 s/d 15.00 WIB
Istirahat : 12.00 s/d 13.00 WIB
Jum'at : 09.30 s/d 15.30 WIB
Istirahat : 11.30 s/d 13.00 WIB

IMPORTANT NOTE
1. Perhatikan pakaian yang dipakai, usahakan serapi mungkin dan No Sandal Jepit yaaa
2. Pastikan nama kalian di masing-masing dokumen harus sama, misal nama 'khusnul' atau 'chusnul' itu tetap beda lho yaa, dan pasti akan ditolak petugas.
3. Jangan lupa bawa bolpoin sendiri yaa buat ngisi formulir dan surat pernyataan
4. Selagi menunggu giliran wawancara, bisa disambi baca buku, nonton film favorit di HP, maenan HP, atau ngobrol dengan orang.. heheee. OKI, pastikan HP kalian dalam keadaan full charge yaaa..
5. Loket pengambilan paspor baru dibuka ketika mall dibuka, jadi nggak perlu dateng pagi-pagi yaa.. datanglah sekitar jam 10.00 WIB, nggak antri kok *_*




Okay, sekian cerita saya..
Selamat membuat paspoooor @_@

36 comments:

  1. Jadi inget waktu pertama kali bikin paspor. Ternyata prosesnya simpel banget asalkan syaratnya lengkap. Semoga bisa segera jalan2 ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. alhamdulillaah sekarang dimudahkan, apalagi dengan lokasi pembuatan paspor di dalam mall. Sambil nunggu wawancara bisa jalan-jalan deh.. hehee

      Delete
  2. Replies
    1. bebas rapi aja sih.. kalo warna terserah..

      Delete
    2. Pengalaman sy, bajunya hrs berkerah. Meski kaos gpp, pokok ada kerahnya. Dan kalo sdh terlanjur bersandal jepit, lgsg blg jari-nya cantengan. Cara yg jitu yg sy pakai, krn waktu itu lupa sepatuan.. Hehe

      Delete
  3. Bagaimana mengurus Paspport klau kartu pendudknya dari luar jawa.apa bisa ngurus Paspport Di surabaya? ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya bisa yaa.. saya juga bukan dari Surabaya..

      Delete
  4. sai, di ULP maspion nerima pengurusan dari sidoarjo ga ya?info please, mkasih banyak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dari mojokerto juga kok mbak.. bisa..

      Delete
    2. Ikut nimbtung mba sari. Pengurusan paspor skrg sdh online seluruh Indonesia. Asal bawa kelengkapan dokumen sdh bs ngurus paspor di kanim manapun seluruh Indonesia. Jd ga usah pulkam cm buat bikin paspor

      Delete
    3. siip.. makasiih mbak tambahan infonya..

      Delete
  5. say, bisa tau jam kerja ULP di Giant Margorejo gak ya? Senin-Jumat aja kah? Sabtu tutup ya? makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabtu tutup sai.. kalo mau ngurus usahain sampe sana jam setengah 7 pagi yaa.. karena ada batas maksimal pengurusan perharinya..

      Delete
  6. Mbak itu antrian no 60 dateng jam berapa? Terus antri sekitar berapa jam ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Info yang saya dapat dari temen, sekarang antrinya dimulai dari jam 5an dan lebih lama antrinya

      Delete
  7. Mbk klo ktp sy baru diurus pindah.pake ktp smntra bs k? Trs jadi pasportny brp lama y

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://pontianak.tribunnews.com/2016/10/14/bisakah-pengajuan-paspor-pakai-ktp-sementara

      bisa cek disini sai.. DIlihat dulu bentuk KTP sementaranya seperti apa, selama bukan surat keterangan domisili dan sudah melakukan perekaman eKTP bisa dilayani

      Delete
  8. Bu maaf nanya. Kalau datang jam 5 gitu antri dmnnya giant yah? Kan mallnya msih tutup. Makasi banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Info terakhir dari teman saya, kalau mau mengurus paspor di ULP Margorejo jangan hari Senin atau Jumat, karena biasanya full. Kebetulan dia ngurus pas hari Jumat, udah mulai antri dari jam 4 pagi di depan gedung, jam setengah 6 baru ambil nomor dan dia dapet nomor 83 (jatah nomor max 90 kalau nggak salah). Jam setengah 8 baru ambil map dan baru dapet giliran foto jam 5 sore..

      Delete
    2. Bu tempatnya yang dalam mall itu kah kayak dlu? Apa sdh buka pu sepagi itu pintu mallnya? Saya rencana bsok bu. Tp saya cb undur deh sesuai saran jangan senin hehe

      Delete
    3. Just share pengalaman terbaru di ULP Giant Margorejo tanggal 11 April 2017
      1. Kata satpam, bisa mulai nulis antrian jam 12 keatas. Kalau jam 11 malam nulis bisa disobek kertasnya. Silakan atur strategi
      2. Jam 5.10 sy datang sudah dapat nomor 79 wow TIPS: be aware nomor urutan nya. Karena akan ada maling yg ga daftar antrian tp bakal nyerobot
      3. Kuota masih tetap 90 orang per hari. ULP dsni khusus paspor baru dan perpanjangan saja
      4. Buka konternya jam setengah 8.
      5. Antri deh masuk ke ruangan. Berdiri sambil kepanasan, jam stga 10 sudah dpt giliran. Tahap pertama akan dscreening mengenai dokumen dan dapat nomor antrian asli yg akan dpanggil. Nomor 79 tadi daftar antri aja. Yg asli yg akan dipanggil yg ini. Nomor 58. Kenapa bisa maju? Kareba banyak yg salah dokumen dan banyak jg jg yg cm isi nama tp ga balik.
      6. Stelah dpt form langsung cari tempat duduk dan isi form sambil nikmatin dinginnya AC.
      7. Sebelum dipanggil mesin antrian. Biasanya dipanggil manual dulu untuk cek data dan input data. Kalau clear, kita nggu lagi untuj foto dan wawancara
      8. Jam 11.30 wawancara 10mnt selesai dan tinggal bayar ke BNI

      Tips tambahan
      1. Buang air besar dan kecil dulu. Apalagi sebelum dapat form paspor. Karena ketika anda menghilang bisa bisa dsrobot. Kcuali anda sdh ngmg sm orang sebelum anda
      2. Dokumen memang cm ktp kk aktalahir dan akta nikah. Tp hati hati buat karyawan siapkan nametag atau surat ket kerja. Kalau dia curiga dia bakalan minta. Karena memang lg musim tki ilegal
      3. Jaga2 bawa bolpen HITAM. Jangan biru kayak saya. Nt dmarahin dan dsuru nulis ulang
      4. KTP HARUS SUDAH EKTP
      5. Kalau bisa bawa ijazah. Saya diminta tapi sy blg dtahan perusahaan.
      6. Nomor antruan g bs nitip. Form ga akan dberikan lebih dari satu form per orang. Kalo sekeluarga ya buruan dtg semua
      7. Fotocopi harus ukuran A4. Banyak bgt yg masih salah

      Sekian sharing saya. Smoga membantu.

      Delete
    4. paspor selesai brp hari pak alvin wktu ngurus di giant ulp?

      Delete
    5. Info 5 hari ga termasuk tgl merah. Hrsnya bsok jadi tp saya blm ambil gan karena msh dluar kota hehe.

      Delete
    6. Pak Alvin,

      itu datang jam 5 pagi cuma ngambil nomor antrian doang? terus datang lagi jam setengah 8 buat masuk ke kantornya? apakah seperti itu?

      terima kasih.

      Delete
    7. Pak Alvin,

      Apakah memungkinkan jika yg antri ambil nomer diwakilkan oleh orang lain?

      Thx

      Delete
    8. This comment has been removed by the author.

      Delete
    9. @ Lindawati : menurut info Pak Alvin ndak bisa bu.
      @ Pak Alvin : makasih banyak infonya pak :)

      Delete
  9. Sekedar informasi, selama bulan ramadhan ini, kuota pemohon di ULP giant margorejo dibatasi hanya sampai 60 antrian. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama2. Informasi tambahan untuk loket pengambilan paspor nya selama bulan ramadhan dibuka dari jam 10.00-14.00

      Delete
    2. Iya sama2. Informasi tambahan untuk loket pengambilan paspor nya selama bulan ramadhan dibuka dari jam 10.00-14.00

      Delete
    3. Iya sama2. Informasi tambahan untuk loket pengambilan paspor nya selama bulan ramadhan dibuka dari jam 10.00-14.00

      Delete
  10. ULP Giant Margorejo itu sebelah mananya Mall ya? besok mau brangkat naik kereta komuter kira2 6.30 sampe giant apakah terlalu siang utk dpat antrian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dari depan, letaknya pas di lurusan pintu masuk sepertinya.. ada tulisannya besar kok..

      Delete
  11. Kalo liat crita orang2 antri harus subuh padahal di hari biasa. Apa lg selama bulan ramadhan dibatasi 60 orang, orang2 dah pada antri sekalian cari makan sahur.

    ReplyDelete
  12. Klo buat paspor buat berlayar bisa gak ya??????

    ReplyDelete