Thursday, June 11, 2015

Review K-Drama - Pinocchio


Assalamualaikum..

Hellooo readers.. I'm back again, still wanna review K-Drama Series. Setelah Healer, akhirnya saya berhasil menamatkan salah satu K-Drama Series lagi, kali ini berjudul Pinocchio.


Pinocchio tayang di Korea sejak akhir tahun 2014 sampai awal tahun 2015. Drama ini berhasil menarik perhatian saya sejak episode pertama. Jujur ketika nonton drama ini, saya belum tau detail ceritanya mengenai apa. Dilihat dari judulnya, awalnya saya pikir sama dengan cerita Pinokio yang selama ini saya dengar. Dimana ada seorang anak yang ketika berbohong hidungnya memanjang..
Yap, ceritanya memang hampir mirip dengan dongeng Pinokio yang itu.
Bedanya dalam serial ini, Pinokio diceritakan sebagai suatu sindrom yang menyebabkan si penderita mengalami cegukan ketika berbohong.

Sebenarnya saya tertarik nonton film ini bukan karena ceritanya siih karena seperti yang saya bilang di awal tadi, saya sama sekali nggak tau drama ini ceritanya gimana. Yang membuat saya tertarik adalah lead actor nya Lee Jong Suk. Dunno why but i love this guy..
Meskipun ngga seganteng Lee Min Ho or Ji Chang Wook, tapi aktingnya baguuus.. dan itu yang bikin LJS keliatan keren dan ngganteng.

Sebelum mulai reviewnya, kita ulas satu persatu yuuuk tokoh penting dalam drama ini :





Lee Jong Suk as Ki Ha Myung / Choi Dal Po
Di drama ini Lee Jong Suk berperan sebagai seorang anak yang mencoba menyembunyikan jati dirinya dari keluarga angkatnya. Nama aslinya Ki Ha Myung, anak seorang pemadam kebakaran dan mempunyai keluarga yang bahagia. Namun semua berubah setelah terjadi kebarakan yang menyebabkan ayahnya meninggal dunia dan ibunya bunuh diri dengan terjun ke laut. Ha Myung yang waktu itu ikut terjun ke laut selamat setelah ditoong oleh seorang kakek. Kakek tersebut menderita sakit ingatan sejak putra pertamanya meninggal dunia 30 tahun yang lalu. Selanjutnya Ki Ha Myung berganti nama menjadi Choi Dal Po.


Park Shin Hye as Choi In Ha
Setelah perceraian kedua orang tuanya, In Ha dibawa ayahnya ke suatu pulau untuk tinggal bersama kakeknya. Ternyata Kakek In Ha adalah Kakek yang menemukan Ki Ha Myung. In Ha pun tinggal serumah dengan Ha Myung dan memanggilnya Paman padahal mereka seumuran. Choi In Ha menderita sindrom Pinocchio yang menyebabkan dia cegukan tiap kali berbohong.


 Kim Young Kwang as Seo Bum Jo
Seo Bum Jo adalah anak seorang pemilik mall dan juga orang yang menemukan HP Ibu In Ha. In Ha yang tidak tahu HP ibunya hilang terus berkirim pesan ke nomor HP tersebut dan mengira ibunyalah yang membalas smsnya. Seo Bum Jo yang selama ini membaca sms In Ha merasa penasaran dan ingin bertemu In Ha. Dia pun melamar sebagai reporter di tempat yang sama dengan yang In Ha melamar. Bum Jo kemudian menjadi rival Dal Po dalam mendapatkan hati In Ha. Selain itu, di beberapa episode terakhir Bum Jo memegang peranan penting dalam mengungkap dalang di balik pemberitaan kasus kebakaran 12 tahun silam dan kasus kebakaran yang menyeret Ahn Chan Soo, teman SMA Dal Pho dan In Ha.


Jin Kyung as Sung Cha Ok
Ibu Choi In Ha sekaligus reporter MSC News. Terkenal ambisiun dan menghalalkan segala cara untuk menaikkan rating berita yang dibawakannya. Termasuk kejadian 12 tahun silam, ketika dia meliput berita kebakaran yang menewaskan ayah Ki Ha Myung. Sejak saat itu, Ki Ha Myung berusaha untuk membalaskan dendam dengan menjadi reporter.

Meskipun saya udah lama menamatkan drama ini, tapi jujur saya belum bisa move on.
Para tokoh memerankan aktingnya dengan apik. Terutama lead actor dan actress. Akting Lee Jong Suk makin matang di sini. Memerankan seorang anak pintar namun pura-pura bodoh demi perannya menjadi Choi Dal Po. Maklum Kakek yang merawat Dal Pho selain menderita alzheimer juga mempunyai sakit jantung. Selain itu, Dal Pho yang diam-diam memendam perasaan dengan In Ha juga harus menghadapi tekanan batin karena menyukai keponakan dan juga anak dari musuh bebuyutannya, Sung Cha Ok. Aaaahhh Lee Jong Suk Daebak.. Sarangee !!

Selain itu, saya juga paling suka sama tokoh Yoon Yoo Rae. Awalnya saya kira ini bakal jadi saingan In Ha untuk mendapatkan hati Dal Pho. Ternyata ini tokoh cukup 'koplak' hahaa.. dia ke-GR-an mengira Choi Dal Pho diam-diam suka sama dia. Lucuk deh pokoknya. Sayang sampai ending, tidak diceritakan kelanjutan kisah romance nya dengan Capt Hwang yang sepertinya suka sama Yoo Rae


Oke yang udah penasaran sama jalan ceritanya, langsung cekidot aja yuuuk..
Ki Ha Myung kecil dan kakaknya Ki Jae Myung adalah anak pintar yang melebihi rata-rata anak seusia mereka. Ayah Ki Ha Myung adalah seorang kepala pemadam dan kehidupan mereka sangat berbahagia. Hingga suatu peristiwa kebakaran di sebuah pabrik menyebabkan beberapa petugas kebakaran meninggal dunia, tak terkecuali ayah Ha Myung. Karena mayat ayah Ha Myung tidak diketemukan, seorang reporter MSC News bernama Sung Cha Ok melaporkan  bahwa ayah Ha Myung masih hidup dan melarikan diri, sehingga dialah yang bertanggungjawab atas meninggalnya para petugas pemadam kebakaran tersebut. Ditambah dengan adanya kesaksian dari seseorang yang menidap sindrom Pinocchio.

Pemberitaan tersebut kemudian menyebabkan keluarga para petugas pemadam yang meninggal serta tetangga sekitar rumah mengucilkan keluarga Ha Myung. Ibu Ha Myung yang merasa tertekan pada suatu malam mengajak Ha Myung ke tebing untuk melihat kembang api. Ternyata, Ibu Ha Myung berencana bunuh diri dan mengajak anak bungsunya itu terjun dari tebing. Ja Myung yang pada saat bersamaan sedang diwawancarai oleh Sung Cha Ok di studio MSC, shock melihat ibu dan adiknya telah meninggal dunia. Dia pun bertekad untuk membalas dendam kepada Sung Cha Ok

Di tempat lain, ternyata Ha Myung diselamatkan oleh seorang kakek yang ingatannya terganggu. Ketika menolong Ha Myung di laut, dia merasa bahwa putranya yang telah meninggal 30 tahun yang lalu hidup kembali. Akhirnya Ha Myung merubah nama menjadi Choi Dal Po dan hidup berdua dengan si Kakek.

Beberapa bulan kemudian, datang Choi Dal Pyung (putra kedua Kakek Choi) dan anak perempuannya, Choi In Ha. Awalnya Dal Pyung tidak setuju Dal Pho ikut hidup bersama Dal Pho name kakek Choi selalu pingsan akibat mengetahui anaknya sebenarnya telah meninggal dan Dal Pho yang hidup bersama mereka adalah orang lain. Maka dengan berat hati Da Pyung setuju dan memanggil Dal Pho dengan sebutan 'kakak'.

Pada suatu hari, Dal Pho mengetahui bahwa ibu In Ha adalah Sung Cha Ok, reporter yang telah membuat keluarganya menjadi berantakan. Dal Pho merasa marah dan benci pada In Ha.
Namun seiring berjalannya waktu, ternyata Dal Pho menyimpan perasaan untuk In Ha. Dal Pho mulai suka In Ha sejak SMA. Ketika Ahn Chan Soo menawari In Ha sepeda, diam-diam dia mendengarkan percakapan mereka. Karena itu, ketika Ahn Chan Soo ikut kuis di salah satu stasiun TV, Dal Pho ikut mendaftar bahkan lolos tes dan berhasil menjadi peserta dan mengalahkan Ahn Chan Soo.
Tapi ini baru ketahuan pas ending, ketika lagi nyoba gaun menikah In Ha bertanya alasan Dal Pho mengikuti kuis tersebut dan dijawab karena In Ha..


Okee kita balik lagi, jadi setelah adegan Dal Pho mengikuti acara kuis. Film pun langsung berlanjut ketika In Ha lulus kuliah. Diceritakan demi In Ha, Dal Pho yang aslinya pintar ini rela tidak melanjutkan sekolahnya ke perguruan tinggi dan menjadi sopir taksi. Sementara In Ha berhasil lulus kuliah dan tengah melamar sebagai reporter seperti ibu kandungnya. Namun sayang dia justru ditolak oleh MSC News karena In Ha mengidap sindrom Pinocchio. Padahal yang mewawancarai adalah Sung Cha Ok yang notabene ibu In Ha sendiri.

Melihat In Ha bersedih, Dal Pho bertekad untuk menjadi seorang reporter. Dal Pho yang setelah lulus SMA menjadi sopir taksi pun meminta bantuan In Ha untuk mengajarinya menjadi seorang reporter. Dal Pho yang memang aslinya jenius tidak butuh waktu lama untuk belajar menjadi reporter.
Akhirnya justru Dal Pho duluan yang diterima di YGN. Sementara In Ha justru gagal dan menjadi kasir minimarket.. heheee.


Di lain tempat, berdasarkan survey kredibilitas, YGN menempati posisi pertama sedangkan MSC ada di posisi terakhir. Sung Cha Ok pun mengusulkan untuk merekrut reporter yang bisa dipercaya oleh masyarakat untuk meningkatkan kredibilitasnya. Dia pun kemudian menemui In Ha dan menawarinya posisi sebagai reporter. Di sini, sindrom Pinocchio yang diderita In Ha justru memberi keuntungan sebagai ajang promosi bahwa reporter MSC dijamin akurat dalam memberitakan sesuatu karena seorang Pinocchio tidak bisa berbohong.

Dari sinilah dimulai kisah In Ha menjadi satu-satunya Pinocchio yang menjadi seorang reporter. Dia harus bersaing dengan Dal Pho yang menjadi reporter YGN. Dan ternyata untuk tugas pertamanya sebagai reporter magang, mereka sama-sama ditempatkan di Han River District. Selama menjalankan tugasnya sebagai  In Ha ditemani rekan kerjanya bernama Seo Bum Jo yang ternyata sudah lama menyukainya, sedangkan Dal Pho bersama dengan Yoon Yo Rae.

Selama menjalani tugas pertama di Han River District, banyak tantangan serta pengalaman yang didapat baik In Ha maupun Dal Pho. Tantangan terberat adalah kasus kematian yang ternyata menyangkut kakak kandung Dal Pho, Ki Jae Myung dan menyebabkan Dal Pho mengungkap identitas sebenarnya. Selain itu, juga ada kasus kebakaran sebuah pabrik yang mengingatkan pada kejadian 13 tahun silam, dimana ayah Ki Ha Myung meninggal dan dituduh sebagai penyebab tewasnya para pemadam kebakaran yang lain. Namun kali ini, justru Ahn Chan Soo, teman SMA Dal Pho dan In Ha yang dituduh sebagai penyebab kebakaran setelah dia melakukan inspeksi ke pabrik tersebut. In Ha dan Dal Pho pun melakukan segala upaya untuk menolong temannya tersebut agar tidak bernasib sama seperti keluarga Ha Myung.
Melalui kasus ini, terungkap dalang utama kasus kebakaran 13 tahun silam.

Drama ini menurut saya recommended banget buat ditonton. Ceritanya lengkap, tentang keluarga, romance, komedi, dan dunia kerja (khususnya reporter). Ngerasa tragis aja liat Ki Ha Myung yang keluarganya hancur karena pemberitaan media yang ternyata adalah 'titipan' dari pihak-pihak tertentu untuk menutupi kejahatan yang telah mereka lakukan. Jadi keinget tv swasta kita yang akhir-akhir ini pemberitaannya udah banyak yang nggak obyektif. Hmm..

Well, five rates lha yaw buat drama ini.
And well done alias happy ending. Dari awal same akhir ceritanya daebak!!

No comments:

Post a Comment