Thursday, July 30, 2015

Review Kdrama - SUNNY


Assalamualaikum..

Taqobballahu Minna Waminkum
Maaf lahir dan batin ya readers..
Nggak kerasa cepet banget yaa ramadhan berlalu. Padahal seneng banget dengan suasana Ramadhan. Pulang kerja jemput Raka sekalian jalan-jalan keliling Masjid Agung Surabaya liat stand Ramadhan. Walaupun jarang sih beli takjilan karena sekarang lebih sreg masak sendiri, tapi seneng aja keliling liat makanan yang dijual hehee..

Post kali ini, saya mau review KDrama yang berjudul SUNNY. Film yang direlease tahun 2011 ini bersetting tahun 2011 dan tahun 1980an. Bercerita tentang persahabatan 7 anak SMA yang berpisah karena suatu insiden di sekolahnya dan dipertemukan kembali sekitar 25 tahun kemudian. Film SUNNY disutradarai oleh Kang Hyeong Cheol, sutradara Scandal Makers dan meraih beberapa penghargaan Best Director, Best Editing, dan Best Actress.



Yuung langsung kita bahas sinopsis singkatnya..




SINOPSIS
Im Na Mi, seorang ibu rumah tangga dengan seorang putri yang sudah menginjak SMA. Suaminya seorang pengusaha sukses. Selama ini, kehidupan Im Na Mi hanya terpusat pada suami dan anaknya. Hingga suatu hari, Im Na Mi bertemu dengan teman lamanya tanpa sengaja ketika sedang mengunjungi ibunya di RS. Ha Chun Hwa, seorang penderita kanker yang divonis Dokter hidupnya tinggal 2 bulan lagi adalah sahabat dekatnya ketika SMA. Sebelum kepergiannya, dia mempunyai satu permintaan kepada Im Na Mi, yaitu bertemu dengan SUNNY, genk mereka semasa SMA. 
Im Na Mi kemudian mengunjungi SMAnya dulu, berharap mendapatkan kabar tentang teman-temannya. Film pun flashback ke tahun 1980-an ketika Im Na Mi memulai kehidupan sekolahnya di Seoul. Dari situlah dia mendapatkan nomor telepon Jang Mi. Setelah itu, untuk menemukan anggota SUNNY lainnya mereka menyewa detektif.

Na Mi kecil tinggal di sebuah kota bernama Jeollado yang kemudian pindah ke Seoul. Ketika memperkenalkan diri di depan teman-teman barunya, dia ditertawakan karena gaya berpakaiannya serta aksen daerahnya yang selalu keluar ketika dia gugup. Dia kemudian berkenalan dengan Jang Mi (yang juga teman sebangkunya) serta Ha Chun Hwa yang menolongnya ketika dia dibully teman sekelasnya. Ternyata Ha Chun Hwa adalah anak yang cukup disegani di sekolah. Ketika makan siang, Ha Chun Hwa memperkenalkan Na Mi kepada teman se-gank-nya, antara lain:
  • Jang Mi, anak berbadan besar yang terobsesi dengan lipatan matanya dan beharap menjadi pasien operasi plastik paling sukses
  • Jin Hee, anak seorang professor sastra yang pandai memaki orang
  • Geum Ok, anak pintar yang bercita-cita menjadi seorang penulis. Dia tak segan-segan memukul orang yang mengganggunya
  • Bok Hee, anak pemilik salon yang bercita-cita menjadi Miss Korea
  • Su Ji, anak tercantik di kelas mereka dan pendiam
  • terakhir Ha Chun Hwa sendiri, pintar berkelahi serta mempunyai loyalitas tinggi

Im Na Mi pun akhirnya masuk ke gank yang kemudian diberi nama SUNNY tersebut. Sayangnya, persabatan mereka terpecah karena kejadian di kantin pada waktu festival sekolah.




SUNNY selain menceritakan flashback masa SMA Im Na Mi, juga menceritakan perjalanan Im Na Mi dewasa menemukan kelima sahabatnya sebagai permintaan terakhir Ha Chun Hwa. Im Na Mi pun seolah kembali menjadi Im Na Mi semasa SMA dan mengingat kembali cita-citanya ketika SMA dulu. Maklum, hidup Na Mi dewasa sangat monoton, kegiatan sehari-hari hanya menjadi ibu rumah tangga yang menyiapkan sarapan, keperluan anak dan suaminya, dan membersihkan rumah.

Dia juga meminta detektif bayaran untuk menemukan cinta pertamanya Oh Joon Ho. Oh Joon Ho adalah teman kakak Jang Mi. Sayang cintanya bertepuk sebelah tangan karena Joon Ho ternyata menyukai Su Ji. 

Hikmah yang bisa diambil dari Drama lepas ini adalah "Hidup adalah ironi". Itulah yang saya tangkap ketika Im Na Mi mengunjungi ibunya di rumah sakit. Waktu itu, mereka membicarakan mengenai kakak kandung Na Mi yang semasa mahasiswa menjadi aktivis buruh nyatanya ketika dewasa malah menggelapkan uang perusahaan. Begitu pula kehidupan ketujuh anggota SUNNY. 
Im Na Mi yang semasa kecil bercita-cita menjadi seniman dan membuka toko komik menjadi ibu rumah tangga dan hidup berkecukupan. Ha Chun Hwa dewasa harus bercerai dengan suaminya dan mengidap kanker stadium akhir. Jang Mi yang bekerja sebagai marketing asuransi selalu gagal menjadi ratu asuransi. Jin Hee dewasa ternyata memenikah dengan orang kaya namun suaminya ketahuan berselingkuh. Geum Ok ternyata pengangguran yang hidup di apartemen kecil dengan suami, mertua, saudara ipar serta anaknya. Sedangkan Bok Hee setelah salon ibunya bankrut, terlibat kasus prostitusi dan minuman keras hingga anaknya harus diselamatkan oleh Dinas Sosial.
Satu anggota SUNNY yang tidak berhasil ditemukan oleh detektif sewaan Im Na Mi adalah Su Ji. 

Walaupun film ini ditutup dengan kematian Ha Chun Hwa tapi berakhir manis. Keenam anggota SUNNY akhirnya bisa berkumpul di pemakaman Ha Chun Hwa. Mereka seolah kembali ke sosok SUNNY semasa SMA yang bersemangat dan pantang menyerah. Selain itu, ternyata Ha Chun Hwa juga mewariskan semua yang dia punya untuk sahabat-sahabatnya kecuali Jin Hee karena dia sudah kaya. 
Drama berakhir dengan kelima anggota SUNNY menarikan lagu SUNNY yang dulu belum sempat ditarikan ketika festival sekolah atas permintaan Ha Chun Hwa. Ketika lagu berakhir, muncul Su Ji yang selama ini kehidupannya masih menjadi misteri.

REVIEW
Drama SUNNY walaupun tergolong drama ringan dengan alur cerita maju mundur berhasil membuat saya melek sepanjang film. Selain itu, saya sempet nangis lhoo pas adegan Na Mi memutar video yang dibuat semasa SMA dimana masing-masing anggota SUNNY menyampaikan cita-cita mereka. Yaah, sekali lagi hidup adalah ironi, siapa yang tahu ketika dewasa kita akan menjadi apa. Namun kita harus selalu ingat untuk hidup dengan impian itu karena tanpa impian kita tidak akan menjadi siapa-siapa. Itulah yang mungkin coba disampaikan melalui drama SUNNY ini.

Bagi yang belum nonton, saya sarankan untuk tidak melewatkan drama satu ini yaaah.. dijamin bikin ketawa ketiwi hingga berurai air mata. 

See you soon dengan review drakor lainnya.. ^^

No comments:

Post a Comment