Thursday, April 26, 2012

Onde-onde Ketela Ungu

Kalo ditanya apa oleh-oleh khas dari Mojokerto, pasti jawaban pertama yang langsung terlintas di otakku ONDE-ONDE. Ada yang gag tau atau bahkan belum pernah makan onde-onde..???
Kalo ada, waaah mesti dicoba deh kalo berkunjung ke sini, heheee. Soalnya rasanya emang enak.

Tapi di sini aku ngga akan ngebahas onde-onde yang udah banyak dijual di pasaran. Soalnya onde-onde yang ini dari ketela ungu. Ada yang udah pernah makan atau nyoba bikin belum..?
Sebenarnya dari bahan-bahannya sih hampir sama kaya bahan-bahan buat onde-onde biasa, cuma bahan utamanya diganti onde-onde. Bahan lainnya aku udah lupa, soalnya udah lama bikinnya. Udah dari sekitar bulan Oktober 2011, tapi baru sempet ngepost sekarang. Hiiiks...Ketauan malasnya :P

Jadi ceritanya ada salah seorang sodaraku yang menangin lomba masak tingkat kabupaten. Dia bikin inovasi onde-onde dari ketela ungu. Soalnya kan di daerah rumahku (Pacet -red-) banyak dijual ketela ungu. Jadi dia pengen nyoba bikin kuliner khas Mojokerto dari bahan yang emang udah ada di sini. Ternyata Kebetulan pas waktu itu juga, keluarganya pacarku mau maen ke rumah sekalian pengen jalan-jalan ke Mojokerto. Rencananya sih sekalian mau buat oleh-oleh pas pulang juga.
  

 Ini bentuk adonan awalnya. Sebenernya pengen kasih tau bahan-bahannya apa aja, cuma udah lupa banget X_x
Ini hasil ulenan adonan pertama. Jangan lupa cuci tangan ya sebelum ngulenin, atau seenggak-enggaknya pake sarung plastik :)
Diemin adonan agak lama, pokoknya kalo ngga salah sampe adonan berasa kenyal lembut, soalnya habis itu mau dibuletin dan dikasih isi. Kalo kurang lama, biasanya pas digoreng bakalan pecah.
Ini adonan buat isi. Dari kacang ijo yang udah dikukus dan dikasih gula. Ukuran sesuai selera, kalo mau onde-ondenya gede ya adonan isinya dibikin gede-gede juga.
Nah ini onde-onde yang udah siap untuk digoreng.. \(^o^)/
Warnanya lucuuuuu.. sweet purple... Yeaaaay...!
Taadaaaaaa...!!!
In dia hasilnya, ternyata ngga secantik sebelum digoreng yaa... :(
Tapiiiiii..
Jangan salah. Ternyata rasanya lebih enak dari onde-onde biasa yang warnanya agak kekuningan itu.
Beda lhoo beneran. Bahkan katanya keluarga cowokku, rasanya lebih enak ketimbang onde-onde merk terkenal yang di jual di Kota Mojokerto. Lebih empuk, meskipun enggak langsung di makan. Tapi jangan kelamaan juga, karena proses bikinnya engga pake pengawet, jadi ngga bakalan tahan lama.

Wanna try.....??

4 comments:

  1. mmmmmm yummy kyknya..bagi dunng sarii
    :P

    ReplyDelete
  2. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    Saat harapan mu belum terwujud maka jaganlah kamu berhenti berharap dan teruslah berusaha.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    ReplyDelete
  3. ah lucunya warnya, pas digoreng berubah yah kak :(, huhuu. aku follow yah k, mind to visit me back and follow me to :*. Lets be a friends

    ReplyDelete
  4. maaaauuuuuuuuuuuu , pasti enak banget ituuu :)

    ReplyDelete