Wednesday, April 19, 2017

Cara Mengatasi Touchscreen Smartphone yang Tidak Berfungsi karena Jatuh

Assalamualaikum..

Hai haiiiii.. apa kabar? Wah sudah masuk pertengahan April aja ni. 
Nggak kerasa bulan depan udah Ramadhan..

Postingan kali ini saya mau share pengalaman waktu touchsreen HP Samsung saya bermasalah kemarin. In case, ada diantara kalian yang ngalami hal yang sama kaya saya. 

Jadi ceritanya, minggu kemarin HP Samsung A5 saya jatuh di kamar mandi dengan ketinggian kurang lebih sekitar 160cm. Posisi jatuh menghadap ke bawah, yakni layar LCD langsung mengenai lantai yang basah karena air. Begitu jatuh saya lihat layar LCD penuh dengan air dan masih nyala. Alhamdulillaah LCD oke, nggak ada yang pecah. Oke saya biarkan dan lanjut mandi.

Nah usai mandi, saya cek lagi. Ternyata touchsreen tidak berfungsi sempurna. Jadi cuma berapa kali swipe setelah itu nggak bisa lagi, hiks.. Saya utek-utek bahkan sampai Hard Reset, tetap aja kaya gitu. Jadi supaya touchscreen-nya bisa, HP saya harus dalam posisi lock dulu, baru setelah itu di-unlock. Itupun tetap sama, hanya beberapa kali swipe.

Sorenya, saya bawa ke Samsung Centre terdekat yang ada di Plaza Marina Surabaya. Berharapnya sih kartu garansi bisa dipakai. Waktu itu, suami ngakunya HP ngehang dan tiba-tiba nggak bisa jalan touchscreen-nya (hihiiii.. jangan ditiru yaaa :p). Ternyata setelah dicek, kata mbak-mbak customer service-nya nggak bisa klaim  garansi dengan alasan kamera depan saya "ngembun", yang artinya habis kemasukan air. Biaya perbaikan sendiri diperkirakan sekitar 1,2 juta dan masih ada kemungkinan lebih besar.

Fix! HP nggak kami betulin. Kita cari opsi selanjutnya. Kebetulan ada sepupu yang bisa benerin HP. Malamnya, saya coba betulkan ke rumahnya. Hasilnya? Adek saya kesulitan buka casing A5. Jadi cara membuka casing Samsung A5 adalah dengan cara dipanaskan terlebih dahulu. Nah alat blower-nya dia ada di rumah orang tuanya.

Setelah ngutek HP saya selama kurang lebih satu jam dan tetep nggak kebuka, dia suggest tempat servis HP dekat rumahnya. Berangkat lah kami ke sana. Dan ternyata tutup sodara-sodaraaa..

Merasa frustasi dan hilang harapan. Saya putuskan ikuti saran suami. Masukin HP kedalam beras, siapa tau cuma konslet aja habis kena air.
Sudah pernah dengar kan kalau beras itu termasuk salah satu penyerap air paling bagus?

Kebetulan saya nemu artikelnya, diambil dari sini :

Pada saat komponen-komponen dan jalur PCB di dalam peralatan elektronik kena air, maka yang terjadi adalah konsleting atau hubungan arus pendek. Karena air dapat menghantar kan listrik. Beras memiliki kepadatan serbuk yang halus dan kesat (coba bndingkan tepung beras dan tepung terigu, jauh lebih halus tepung beras), maka bubuk tersebut bisa meresap kedalam sela sela komponen handphone. Apabila peralatan elektronik tersebut komponen-komponennya dilepas kemudian direndam dalam beras, maka air yg masih tersisa bisa terserap oleh bubuk-bubuk beras tersebut. 
Cara seperti ini sangat baik ketimbang peralatan elektronik tersebut kita keringkan seperti biasa. karena apabila di keringkan biasa, msih ada sisa-sisa sedikit yg menempel. tapi dengan bubuk beras, air dapat di serap 100%. Beras yang kering dan besifat absorben (menyerap kelembaban udara). Jadi lebih mudah membuat partikel air berubah jadi uap air yg terus diserep oleh bulir beras. Pada dasarnya mirip sama cara kerjanya silica gel cuma tumpukan silica gel tidak merubah suhu di sekitarnya tidak seperti beras. 

Karena HP saya model baterainya built in dan casing tidak bisa dibuka, maka saya cuma matikan HP dan saya rendam penuh ke dalam beras kering semalaman.

Pagi-pagi sekali, sehabis shalat subuh, saya heboh ambil HP saya. Sambil berdoa dalam hati sekaligus pasrah. Supaya kalau HP saya tetap rusak, nggak nyesek-nyesek amat.

Dan.. Taraaaa!!

HP saya berfungsi NORMAL. Yeaaayyyy!! Cek touchscreen lancar. Alhamdulillaaaaah. Rejeki anak solehah.. huhuuuuu :')

Sekian sharing saya hari ini. Semoga bermanfaat buat siapa aja yang lagi ada masalah dengan smartphone kaya saya kemarin. Oh iya, case ini hanya untuk HP yang jatuh namun LCD nggak sampai retak ya. Jadi cuma touchscreen-nya aja yang bermasalah.

Bye bye..

See you next post ! ^^

No comments:

Post a Comment