Thursday, February 6, 2014

Asal Nama Raka

Begitu obgyn saya yang di Surabaya bilang kalo kemungkinan besar janinnya berjenis kelamin cowok, langsung mulai cari-cari nama buat baby boy. Sebenernya dari awal-awal hamil udah searching nama, tapi ketemunya malah nama baby girl.

Yang paling pertama ketemu jelas Nama belakang. Saya sama suami maunya ambil dari nama belakang Suami, Wicaksono. Sip, sama-sama sepakat. Tinggal ditentukan nama depan dan tengah karena kami maunya ada 3 kosakata. 
Inget banget, pas itu lagi jalan-jalan naik motor sambil pegang HP, langsung ngeliat ada satu nama "Arsyad". Entah kenapa saya dari dulu naksir sama nama yang ada "sya" nya heheee.. Habis dikasih liat ke suami, ternyata suami juga suka. Apalagi artinya "cerdas" cocok dengan nama belakang yang berarti "bijaksana".

Berarti tinggal nama depan aja. PR banget deh cari nama depan ini. Susaaaaaahnya minta ampun #lapkeringethabisngepel. Berasa bikin proposal, tiap ngajuin nama ke suami selalu ditolak. Ada Arfan, Davin, Daffa, Adhiyasta, dll. Alasannya kurang cocok sama 2 nama di belakangnya. Yang paling cukup lama nyangkut sih nama Arya, artinya bangsawan. Kalo digabung jadi :

ARYA ARSYAD WICAKSONO = bangsawan yang sangat cerdik dan bijaksana

Sound great, huh..? hehee
Tapi kaya masih ada yang ngganjel. Apalagi pas itu booming Arya Wiguna. Jadi ilfeel sama nama Arya. Wadoooh langsung dicoret deh nama Arya dari list. Cari-cari lagi, gugling sana-sini, baca-baca buku nama anak islami. Tapi tetep aja nihil. Pengennya sih namanya ada bau-bau arab sama jawanya gitu. Dari dulu sebenernya saya naksir berat sama nama Raka. Nggak tau kenapa, kesannya tuh yang namanya Raka tuh anaknya ganteng, pinter, pokoknya cakeup pisan #ngasal. Cuma kalo langsung dimasukin kan kurang cocok ye, masa namanya cuma Raka Arsyad Wicaksono. Kurang pas.

Terus keinget deh sama blognya mbak Ningnung disini . Nah anaknya Mbak Nungning ini namanya Adyaraka, terinspirasi penulis buku Hypnobirthing Mbak Evariny yang nama anaknya juga Adyaraka. Waaah cocok banget deh kalo digabungin jadi :
ADYARAKA ARSYAD WICAKSONO = Anak laki-laki yang cakap, mempesona, sangat cerdik, dan bijaksana. Aamiin.. :)

Ternyata nama inipun masih ditolak sama suami dengan alasan namanya jadi terlalu panjang. Ya sudaah pasrah deh kalo emang namanya ngga ada Raka-nya, hiks. Cari-cari lagi nemu Calief dari Bahasa Arab Khalifah yang artinya pemimpin dan ternyata tetep ditolak sama suami sodara-sodara. Di sini bumil pasrah lah, terserah deh namanya sapa. Lebih baik mikirin lairan aja karena waktu itu emang udah deket due date. Sampai akhirnya lairan belum juga fix nih nama depan anak bayi.

Hingga menjelang ngurus Akta Kelahiran baru suami udah yakin seyakin yakinnya sama nama Adyaraka. Yeaaaaaay..! Alesannya sih pas suami liat si bebi untuk pertama kalinya setelah keluar procot dari perut kok ya anaknya putih, lucu, ganteng pas banget deh sama nama Adyaraka. Hihiiihiiiii..
Raka 2 bulan
Raka 3 bulan.. tambah ganteng iyaaah.. :)
Sehat selalu ya Nak, makin pinter dan soleh.. aamiin ^^

No comments:

Post a Comment