Tuesday, October 30, 2012

Fried Chicken with Black Pepper Sauce

Assalamualaikum^^

Haduuh, lagi-lagi penyakit malas ngeblog tumbuh lagi, hiks. Padahal pengen banget update postingan min 2 kali seminggu, tapi tapiiii.. Postingan terakhir ternyata bulan kemarin. waduuuh.. >,<
Dibilang sibuk, ya lumayan sih. Pagi sampe sore kerja, pulang kerja biasa kalo ngga ke pasar ya langsung masak-masak lha, ngerapihiin ini lah itulah.. fiuuuh, resiko dobel job sebagai employee plus house wife. Tapi ya tetep di syukurin, sementara yang lain masih sibuk cari uang plus cari jodoh, saya alhamdulillah sudah bisa cari uang plus dapet jodoh, hihiiii.. (^^)v

Kalo dulu sebelum nikah ngga pernah yang namanya mbontot a.k.a bawa makan siang dari rumah setelah nikah justru sebaliknya. Mending masak dewe lha, lumayan iriiit cyyiiin. Jadinya tiap malem udah sibuk nyiapin sayur buat dibawa besok paginya. Oh iya, aku belajar masak baru beberapa bulan sebelum nikah lho, itu aja cuma bikin nasi goreng, sayur-sayur seperti cap jay atau sop, sama goreng-goreng biasa. Baru bisa benerannya ya habis nikah ini meskipun masih bisa dibilang tahap belajar, hehee. Jadi jangan takut mau nikah karena ngga bisa masak. Percaya deh, kalo udah nikah naluri perempuan kita pasti keluar. Masa mau nikah aja musti nunggu pinter masak..? hehee..

Oke, cukup ya prolognya.
Lets get to the point.
Well, kali ini mau posting salah satu makanan yang aku baru bisa bikin beberapa minggu kemarin. Percobaan pertama gatot a.k.a gagal total. Percobaan kedua ternyata berhasil dan suami suka, yeaaaay *joget ala gangnam style :P.
Aku penasaran nyoba bikin ini gara-gara kita berdua sering makan di salah satu tempat makan di Mojokerto dan rasa daging sapi bumbu lada hitamnya oks banget. 

Pertama-tama, siapin beberapa bahan utama :

Bahan rendaman ayam 

- bawang putih
- garam
- ketumbar
Bahan diatas diuleg halus

Bumbu kriuknya 

- telur
- tepung terigu
- tepung maizena
- tepung bumbu ayam tepung (any brand)
Tepung terigu & Tepung maizena

Bahan Black Pepper Sauce

- Lada hitam ditumbuk halus
- bawang putih, dikeprek dan dicacah kecil-kecil
- bawang bombay, diiris tipis
- Kecap manis
- Kecap asin
- Saus tiram
- Tepung Maizen, dicampur dengan air secukupnya
Black pepper
How to make :
Pertama-tama siapkan ayam dulu, bersihkan, lalu potong kecil-kecil.
Bawang putih, ketumbar dan garam diulek halus.
Baurkan ayam dengan bumbu, diamkan selama min 15 menit.

Sambil menunggu bumbu meresap ke daging ayam, kita bisa menyiapkan bumbu tepungnya.
Kocok telur, taruh di piring.
Campur tepung terigu, tepung maizena, dan bumbu ayam tepung. Aku sih biasanya pake perbandingan 50:50 untuk tepung terigu dan maizena. Kalo bumbu tepung ayam secukupnya aja karena aku masukin untuk menambah rasa gurih.

Setelah bumbu meresap pada ayam, ayam dibaurkan dengan kocokan telur dan diguling-gulingin di bumbu tepung yang sudah kita bikin di atas, pastikan semua daging ayam ketutup tepung ya guys. Trus masak dengan minyak yang udah panas. Jangan lupa apinya kecil aja, biar matangnya merata ya..

Selagi masak ayam kita juga bisa sambil sekalian nyiapin black pepper sauce nya. Kalo ini aku biasa pake feeling, jadi ngga ada takaran pastinya --"
Panaskan minyak, masukkan bawang putih. Lalu masukkan bawang bombay kalo udah kecium aroma harum bawang putihnya. Tambahkan air secukupnya. Baru masukin kecap manis satu sendok makan dulu, dilanjut kecap asin, saus tiram, sama garam dikit aja.
Terus diincip-incip sampe rasanya sudah dirasa cukup pas, baru masukkan tepung maizena yang sudah dicampur air sebelumnya biar kentel.

Voilaaaa..!
Ready to serve..
 Fried chicken.. nyaaamm

Black pepper sauce nya kedikitan yee T.T
Ngga pa-pa lha, yang penting suami suka.. :*
 Oke, sekian dari saya.. Terima kasih sudah mampir..

Sayonara ^^

4 comments:

  1. haha, i feel you. iya banget deh bawa bekel ke kantor. super hemat! dulu nge kos duit abis buat makan, pdhl sendirian. begitu punya rumah sendiri, enak, bisa masak dan jaaaaauuuuuuh lebih irit! :p

    mari memasaaaak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya sai, kalo sekali-kali makan luar mah ngga apa-apa, tapi kalo makan luar tiap hari pengeluarannya bisa berkali-kali lipat lebih banyak ketimbang masak sendiri --"

      Delete
  2. yang lg cari uang ma cari jodoh siapa maksudnya...hem.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemm.. sapa ya... hemmm.. qiiqiiiiqiii :P

      Delete