Thursday, July 18, 2013

My Pregnancy Story - Entering 3rd Trimester

Assalamualaikum..
Welcome! To the hardest pregnancy trimester, the very uncomfortable tapi bikin dag dig dug karena waktu buat ketemu si dedek yang selama ini ngendon di perut udah semakin deket.

Alhamdulillah Trimester 2 kemarin telah terlewati dengan cukup sukses. Yang pertama kali dilakuin begitu masuk minggu 28 adalah.... USG 4D! Yeaaaaay!
Udah ngga sabar liat muka si dedek di dalam perutku ini. Ngga harus mahal sih, yang penting keliatan aja gimana mukanya si dedek terus aku sama suami tahu kalo dedek di dalem perut emaknya ini sehat. Setelah tanya sana sini kita putusin USG nya di Mojokerto. Tentunya karena harga USG 4D di sana lumayan miring, cukup 200rb aja. Meskipun aku akui USG nya ternyata beda sama di bayanganku, tapi ya maklum aja sih.. Murce ini heheee. Jadi no complain lha yaaa..

Asli mukanya mirip banget sama suami, apalagi kalo liat bibir sama hidungnya :O
 Ya sudahlah ngga apa, terserah mau mirip siapa yang penting dedeknya sehat terus. Meskipun tetep ngarep kalo nanti berubah jadi mirip emaknya juga, heheehe..

Beberapa pertanyaan berikut jangan lupa ditanyain setiap kontrol di trimester ini :
- BBJ (berat badan janin), syukur-syukur kalo alat USG nya bisa nangkep panjang janin
- letak plasenta
- apakah air ketuban cukup
   
Buat yang udah masuk minggu 28 tapi posisi debay masih sungsang, don't worry ya moms karena masih banyak kemungkinan buat muter. Ngga usah dipake nungging lama-lama juga, cukup dilamain sujudnya pas shalat buat yang beragama muslim sama jangan lupa debaynya diajakin ngobrol biar pas udah cukup umurnya si debay posisinya pas di bawah. 

Pengalaman pribadi sih di minggu 32 si dedek posisinya sungsang dengan bagian kepala di sebelah kanan. Ngga ada rasa khawatir sih, karena bulan sebelumnya posisi kepalanya masih di atas, berarti kan si dedek masih bisa muter ke bawah lagi. Alhamdulillah pas kontrol 2 minggu berikutnya kepalanya sudah di bawah. Yang justru bikin panik adalah sampai minggu 33 posisi plasenta masih di bawah. Padahal normalnya kan posisinya sudah di atas. Agak was-was juga karena emang pengen banget bisa lairan normal. Tanya sana-sini, ke bidan sama temen yang kerja jadi perawat pun semuanya bilang bahwa kemungkinan plasenta untuk pindah kecil, karena UK (usia kehamilan) udah semakin tua. 

Karena posisi plasenta ngga bisa diubah dengan cara nungging-menungging, akhirnya tiap malam aku sama suami suka ajakin si dedek ngobrol. Agak lucu sih kalo dipikir, karena kita berdua nyuruh si dedek bilangin plasenta biar dia mau pindah ke posisi normal jadi si dedek bisa keluar lewat jalan lahir dengan lancar. But it works lho moms, pas kontrol di minggu 36, alhamdulillah plasenta udah di posisi normal. Padahal 2 minggu sebelumnya masih plasenta praevia sebagian. Sejak itu, keinginan buat lairan normal makin besar. Insyaallah bisa... ^^

Keluhan di trimester 3 ini :
- Kaki dan jari tangan bengkak, cara mengatasi langsung istirahat begitu kaki udah mulai keliatan bengkak, tidur miring kiri dengan kaki diganjel guling/bantal
- pusing, cara mengatasi dengan makan/nyemil lalu istirahat
- perut terasa panas, cara mengatasi hindari makanan pedas. Tapi kalo ini aku agak bandel sih :p
- napas makin ngos-ngosan, wajar ya moms dengan debay yang semakin besar
- mual & muntah, nah ini yang aku ngga tau penyebabnya karena justru di trimester ini aku sempet 2 kali mual sama muntah. Yang pertama kemungkinan kecapekan dan salah makan, yang kedua kemungkinan karena masuk angin. Cara mengatasi, pilih-pilih makanan kalo emang mau makan di luar. Tetep isi perut sekalipun mual, kalo ngga doyan nasi ya makan roti. 
- Hati-hati kalo perut terasa keras dan ngga enak, bisa jadi itu kontraksi moms. Cara mengatasi, begitu perut terasa keras langsung istirahat miring kiri ya..

Intinya, meskipun sudah masuk bulan-bulan terakhir, stay cool ya moms. Ketika ada yang ngga beres jangan dibawa stres, tetep tenang dan langsung kontrol. Kalo pas obgyn lagi ngga praktek dan kebetulan ngga ada kontaknya, bisa ke bidan terdekat kok.
Jangan lupa buat terus ajak ngobrol si dedek, kehamilan bukan cuma milik moms seorang tapi juga si dedek yang di dalem perut. Ajak komunikasi dan kerjasama insyaallah semua lancar. Jangan lupa berdoa juga..

Alhamdulillah sudah minggu 38, deg-degan karena udah mulai masuk minggu 39.
Bismillaaah.. semoga lancar semuanya.. ^^

3 comments:

  1. Assalamu'alaikum, blogwalking + cari-cari inspirasi.. ^_^

    Blognya sudah saya follow, ditunggu follow baliknya ke www.muslimahonline.net ya.. ^_^
    Salam kenal..

    ReplyDelete
  2. Usg nya di rs mojokerto dmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo nggak salah mutiara hati daerah gedeg

      Delete